Yayasan Pusaka Indonesia (YPI) bekerjasama dengan RTI  memberikan dukungan proses elimanisi Filariasis/kaki gajah di dua Kabupaten  provinsi Sumatera Utara,  Kabupaten Serdang Bedaga dan Kabupaten Batubara.

Dukungan terhadap proses eliminasi Filariasis merupakan tahun ke-4 dari  lima tahun yang diwajibkan bagi Kabupaten Serdang Bedagai untuk menuju eliminasi filariasis. Eliminasi Filariasis yang merupakan Program Nasional  untuk eliminasi Filariasis tahun 2020, di Propinsi Sumatera Utara, Yayasan Pusaka Indonesia memberi dukungan kepada dua kabupaten, yakni (1) Kabupaten Serdang Bedagai dan (2) Kabupaten Batubara melalui Dinas Kesehatan Kabupaten. Sedangkan  untuk tahun 2016 Yayasan Pusaka Indonesia juga memberikan dukungan kepada Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Nias yang saat ini kedua kabupaten tersebut telah dinyatakan eliminasi.

Bentuk dukungan dari Yayasan Pusaka Indonesia berupa biaya operasional dalam melakukan kampanye (sosialisasi, pelatihan kader ) sekabupaten  dari tingkat kabupaten hingga kader  kesehatan desa.

Dengan dukungan tersebut diharapkan tahun 2020 Propinsi Sumatera Utara akan  tereliminasi dari Filariasis/ kaki gajah sesuai dengan Program Nasional.