YPI Gelar Fellowship Karya Jurnalis Penerapan KTR

30 November 2015 , KTR

Yayasan Pusaka Indonesia (YPI) akan menyelenggarakan fellowship Karya Jurnalistik bertema Penerapan Kawasan Tanpa Rokok di Kota Medan, sebuah penghargaan yang diberikan kepada Jurnalis yang konsern dalam memberitakan penerapan kawasanTanparokok di kota Medan.

OK SyahputraHarianda, Koordinator Pengendalian Tembakau mengatakan penghargaan ini diberikan untuk mendorong keterlibatan kawan-kawan media dalam menjalankan fungsi social control dalam penerapan Perda Kota Medan No. 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok,

 

“Kami Yayasan Pusaka Indonesia akan menyelengarakan sebuah fellowship atau penghargaan kepada karya Jurnalistik indeptnews, sebuah karya jurnalistik yang membuat penelusuran berita secara mendalam terkait dengan Penerapan Kawasan Tapa Rokok atau KTR di Kota Medan.”

Selain jurnalis media cetak kegiatan ini juga terbuka untuk media online, Televisi, Radio dan organisasi profesi jurnalis.

Menurut OK Syahputra, penghargaan kepada Jurnalis ini penting dilakukan agar insan media berkompetisi dalam melakukan kampanye kegiatan social khususnya terhadap pengendalian rokok ini, mengingat persoalan rokok sangat berbahaya bagi kehidupan khususnya anak dan remaja.

“anak dan remaja adalah usia produktif yang harus kita jaga keberlangsungannya, karena mereka adalah asset negeri untuk kemakmuran masa yang akan datang. Sangat berbahaya bila generasi kita sudah tergerusi dengan rokok yang jelas-jela berbahaya bagi dirinya dan orang lain.”

Lebih lanjut OK Syahputra mengatakan bahwa pandangan dari kacamata para Jurnalis tentunya lebih tajam dalam melihat, mengontrol dan memberikan kritik. Sebagai perpanjangan tangan dari masyarakat, suara-suara yang digaungkan lewat karya jurnalistik dalam penerapan kawasan tanpa rokok  bisa terdengar lebih keras. Karena tentu saja, kita tidak ingin produk hukum yang dilahirkan dengan penuh harapan itu, hanya sekedar aturan yang tidak bertaji, hanya sekedar aturan tanpa penerapan, ungkapnya.

 

Pendaftaran dan pengajuan draft proposal peliputan Fellowship ini berakhir tanggal 7 Maret 2015, tanggal 16 Maret 2015 Pengumuman hasil penyaringan peserta Fellowship, 23 Maret  2015   Workshop Jurnalistik untuk pembekalan bagi Jurnalis, 24 Maret s/d 14 April 2015 Penerbitan Karya Jurnalistik di Media dan penyerahan kepada panitia dan tanggal 31 Mei 2015 Pengumuman Pemenang dan louncing  Buku, Kegiatan ini sekaligus sebagai rangkaian kegiatan memperingati hari anti tembakau sedunia.

Bagi para jurnalis yang ingin berkontribusi dalam mengikuti fellowship dapat langsung  menghubungi Yayasan Pusaka Indonesia, jalan Kenanga Sari No. 20 Medan, Telp. 061-8223252.